Gaining a Competitive Advantage by Integrating Islamic Values within Company Behavior

Syafaruddin Alwi
* UII Yogyakarta, Indonesia

DOI: https://doi.org/10.14421/ajis.2003.411.25-39

Abstract


Dewasa ini terutama pengalaman di Indonesia, banyak sekali terjadi praktik-praktik bisnis yang tidak mengindahkan norma-norma etika ekonomi yang normal. Hasrat meraih keuntungan dan menjadi pemenang dalam persaingan pasar, seringkali tidak menggunakan strategi-strategi bisnis yang bertumpu pada nilai-nilai religius yang sebenarnya merupakan salah satu sumber keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Tulisan ini membahas nilai-nilai dalam Islam yang bermanfaat bagi pengembangan kultur perusahaan. Nilai-nilai tersebut diintegrasikan melalui pembentukan karakter sumber daya manusia dalam perusahaan, yang digali dari sifat-sifat kepemimpinan Nabi Muhammad Saw dan ayat-ayat al-Qur'an yang relevan dengan topik sebagai dasar pembahasan. Impak yang diharapkan dari terbentuknya kultur yang Islami dalam perusahaan, akan menghasilkan produk-produk dan jasa-jasa yang valuable dan halal bagi pelanggannya.


Keywords


Competitive advantage, Islamic values, business ethics

Full Text:

PDF




Copyright (c) 2003 Syafaruddin Alwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.